Selasa, 16 Maret 2021

TEKNOLOGI : Coba Tanya Veronika Asisten Virtual Lewat WA Bisa

Di tahun 2021 ini pelanggan telkomsel akan di manjakan dengan hadirnya fitur baru layanan pelanggan berbasis chat tanya veronika asisten virtual. Tentu kita tahu hanya telkomsel lah yang selalu berinovasi dalam melayani pelanggannya salah satunya adalah layanan ini yang kini dapat diakses melalui banyak platform aplikasi perpesanan.
 
Sejak berdiri pada tanggal 26 Mei 1995, Telkomsel secara konsisten seperti yang kita ketahui bahwa telkomsel lah yang paling banyak melakukan survey dan riset pengukuran dalam hal kepuasan pelanggan, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar dinamika kepuasan pelanggan yang terus dan tidak berkesudahan selalu dapat diikuti oleh telkomsel.

Sesuai dengan slogannya "Begitu Dekat Begitu Nyata" (So Close So Real) telkomsel ingin agar pelanggan dipermudah untuk mendapatkan pelayanan, selain itu dapat dengan mudah menghubungi pusat pelayanan. Oleh karenanya sejak tiga tahun lalu tepatnya pada 24 agustus 2017 veronika telkomsel sebagai asisten virtual telkomsel mulai melayani pelanggan. 
 

Tanya Veronika Asisten Virtual

Tanya veronika asisten virtual adalah seorang asisten virtual yang diberi tugas oleh sistem untuk membantu pelanggan mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel.

Tanya veronika asisten virtual merupakan sebuah produk layanan digital (digital service) yang dibuat menggunakan sistem artificial intelligence berbasis chatting yang dapat diakses secara online melalui akun resmi di situs Telkomsel, WhatsApp, LINE, Telegram, aplikasi MyTelkomsel, dan Facebook Messenger.


Tanya veronika asisten virtual adalah sebuah sistem aplikasi komputer yang dirancang dengan algoritma jaringan syaraf tiruan dan kecerdasan buatan digunakan secara virtual sebagai asisten untuk melaksanakan komunikasi dua arah kepada pelanggan dan memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada pelanggan melalui platform perpesanan (messenger), dan mampu melaksanakan tugas-tugas mengeksekusi sebuah perintah input seperti mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel.

Seluruh pelanggan kecuali pelanggan kartu Halo corporate dan nomor tambahan dapat menggunakan layanan tanya veronika asisten virtual.
 
Sebelumnya kita patut bangga karena telkomsel adalah sebuah perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara, yang memiliki layanan customer service nya berbasis kecerdasan buatan.

Sebenarnya asisten virtual telkomsel veronika sendiri adalah sebuah chatbot yang dikembangkan melalui sistem Kecerdasan buatan (artificial intelligence) yaitu salah satu sistem pemrosesan informasi yang didesain untuk menirukan cara kerja otak manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.

Menurut Kusuma dewi dalam bukunya yang terbit tahun 2006 Kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence merupakan salah satu/bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) mempunyai kecerdasan yang dapat melakukan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.

Kemudian jika berbicara AI ini tidak terlepas dari Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Jaringan Syaraf Tiruan merupakan suatu representasi buatan dari otak manusia sehingga sistem pemrosesan informasi didesain menirukan cara kerja otak manusia dalam menyelesaikan masalah dengan melakukan proses belajar melalui perubahan bobot sinapsisnya.

Data masa lalu akan dipelajari oleh jaringan syaraf tiruan sehingga ia akan mempunyai kemampuan untuk memberikan keputusan terhadap data yang belum pernah dipelajari, jadi ini membuat hampir tidak akan melakukan kesalahan dalam pemberian informasi.

Setiap informasi apapun akan disimpan didalam neuron-neuron JST dan diberi bobot, jika nanti akan dipanggil neuron-neuron tersebut maka yang akan diaktifkan adalah neuron dengan bobot tertinggi, intinya semakin banyak informasi yang disimpan JST ini akan semakin cerdas, bahkan akan lebih cerdas dari manusia.

Jadi pelanggan telkomsel nantinya serasa seperti melakukan chat dengan manusia pada umumnya bukan dengan bot yang didesain menggunakan AI, bahkan lebih cerdas dan lebih cepat memberi informasi.

Tanya Veronika Aja, Mudah Menggunakannya

Untuk menggunakan layanan ini anda hanya cukup mengakses langsung dari link-link berikut dibawah:

  1. MyTelkomsel (my.telkomsel.com), Bisa juga dengan menginstall aplikasi MyTelkomsel di Android dan IOS, di Android membutuhkan versi Android 5.0 (Lollipop) ke atas. Sebagai catatan aplikasi ini dioptimasi untuk smartphone bukan untuk tablet. Cek detail kuota, atur pengingat tagihan, melihat/mengunduh rincian tagihan (e-bill), ganti paket utama kartuHalo semua bisa di akses melalui aplikasi ini. Bisa memilih metode pembayaran, melalui LinkAja, OVO, GoPay, DANA, Virtual Account, Kartu Kredit dan ShopeePay serta Kredivo untuk membeli pulsa. Dan khusus untuk pengguna LinkAja, beli pulsa, paket, atau bayar tagihan kini menjadi lebih praktis
  2. Situs web Telkomsel (telkomsel.com), Buka browser di hp atau di pc tinggal klik url disamping anda bisa langsung chat dan tanya veronika.
  3. WhatsApp (tsel.me/wa3), Simpan terlebih dahulu nomor WA veronika telkomsel,+62 811-1111-1111, didalam kontak hp anda, setelah itu anda langsung bisa chat dengan veronika.
  4. Facebook Messenger (tsel.me/fbVA3), login ke akun FB anda dan chat melalui messenger di tautan disamping.
  5. Telegram (tsel.me/TelegramVA3), install aplikasi telegram dan bisa langsung menghubungi veronika.
  6. LINE (tsel.me/lineVA3), unduh dan pasang aplikasi line dan bisa langsung menontak veronika telkomsel asisten virtual.

Setelah terhubung anda bisa langsung memulai chat dengan mengetikkan kata "Hai" atau "hallo". Kita juga bisa menggunakan menu quick response yang telah tersedia. 

Fungsi dan fitur Asisten Virtual

Ada banyak fungsi dan fitur dari tanya yang tersedia adalah untuk :
  • untuk mengecek sisa kuota Internet,
  • dapat digunakan untuk menukar Telkomsel POIN,
  • menemukan lokasi GraPARI terdekat,
  • membeli paket dan mengirim paket,
  • ganti kartu
  • membeli paket promo
Fungsi Dasar Telkomsel Veronika
Fungsi Dasar Keterangan
Capability System Asisten Virtual Telkomsel Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait layanan yang tersedia di Asisten Virtual Telkomsel
Informasi GraPARI
  1. Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait alamat dan jam operasional GraPARI
  2. Informasi Lokasi GraPARI terdekat dengan pelanggan
Reservasi Antrian Online GraPARI Melakukan pemesanan nomor antrian untuk GraPARI
Info Paket Aktif & Panduan Berlangganan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket apa yang sedang aktif atau berlangganan
Info Voucher Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait voucher yang berlaku (periode aktif, denom voucher)
Cek Sisa Pulsa Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait untuk pelanggan prabayar terkait sisa pulsa dan masa aktif
Cek Kuota Paket Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait jumlah kuota paket data, SMS, voice
Paket Utama Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket utama yang dikatifkan pelanggan
Info Syarat & Ketentuan Paket Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait syarat dan ketentuan masing-masing paket
Paket Tersedia
Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket apa yang tersedia
Paket Unggulan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket yang direkomendasikan untuk pelanggan
Beli/Berlangganan Paket Pelanggan dapat melakukan pembelian atau belangganan paket
Cara Upgrade 4G Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait cara upgrade 4G dan lokasi untuk 4G
Panduan Konfigurasi Panduan pelanggan terkait pengaturan perangkat (refresh jaringan, pengaturan APN) dan panduan pelanggan ketika mengalami permasalahan jaringan/sinyal, internet dan SMS
Tagihan Berjalan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait untuk pelanggan pascabayar terkait tagihan berjalan
Info Tagihan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait tagihan (status tagihan bulan terakhir, jumlah tagihan, batas akhir pembayaran)
PIN T-Care Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait berapa PIN T-Care pelanggan
PUK Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait berapa PUK pelanggan
Histori Pembayaran & Pembelian Pulsa Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait riwayat pembayaran KartuHALO 3 bulan terakhir dan riwayat isi ulang pelanggan prepaid
Membeli Pulsa Pelanggan dapat melakukan pembelian pulsa
Bayar Tagihan kartuHalo Pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan pascabayar
Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait T-Cash Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait TCASH (FAQ, promo, merchant, pemesanan sticker TCASH TAP)
Cek Telkomsel POIN Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait jumlah TelkomselPOIN
Penukaran TelkomselPOIN Melakukan penukaran TelkomselPOIN sesuai dengan promo yang tersedia
Kontak Live Agent Tersambung langsung dengan agent customer care Telkomsel melalui channel LINE, Telegram dan Facebook Messenger
Lokasi Reseller/M Kios Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait lokasi terdekat Reseller atau M Kios
Katalog Promosi Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait promo apa yang sedang berlangsung disertai dengan layanan aktivasi paket promo
Small Talk Fitur untuk menghibur pelanggan dengan beberapa kategori hiburan


3 Langkah Cara Menggunakan

Cara bertanya dengan asisten virtual ini sangat mudah kok sob, saya akan sedikit kasih panduan dan langkah-langkah penggunaannya pada aplikasi WA, dan berikut cara menggunakannya: 
 
 
Panduan WA veronica telkomsel langkah 1


1. Simpan terlebih dahulu nomor whatsapp veronica telkomsel, nomor nya adalah +62 811-1111-1111, didalam kontak hp anda, Jika sudah tersimpan akan terlihat seperti gambar diatas. Pastikan anda tidak salah menyimpan nomernya terlihat tanda akun terverifikasi (verified account) yaitu checklist kecil warna hijau. 
 
 
Panduan Tanya Veronika Asisten Virtual langkah 2


2. Setelah itu mulailah chat dengan veronica dengan kata halo, hai, hello. Dan yang lebih canggihnya lagi anda akan tetap mendapatkan jawaban meskipun anda salah ketik (typo) misalnya halu, hau dari chatbot ini. Dan jawabannya sama dengan ketikkan yang benar. lihat gambar diatas untuk detailnya. 
 
 
Kumpulan chat WA veronica

3. Setelah itu anda tinggal mengikuti menu yang ada dalam jawaban chat tersebut. Misalnya ketik "surprise deal" atau coba tanya veronika "siapa kamu" maka jawaban dari veronika adalah:
"Saya Veronika, virtual asisten Telkomsel Anda. Saya bisa membantu Anda mulai dari bayar tagihan, beli pulsa hingga tukar POIN"
Halo, perkenalkan saya Veronica, asisten virtual Telkomsel yang akan membantu Anda memenuhi segala kebutuhan produk dan layanan Telkomsel....

Untuk menutup sesi chat anda bisa mengetikkan "batal" atau "cancel" untuk membatalkan transaksi, dan jika anda menutup sesi dengan menuliskan "terima kasih bla bla bla" chatbot ini juga akan mengucapkan "Sampai Jumpa". 



Sekian semoga dapat membantu dan bermanfaat. Salam Sehat. 
 
Dengarkan artikel ini lewat podcast.
 

Referensi:

1. jim-runsdorf-volunteer-search.blogspot.com, diakses 09 - 03 - 2021, https://jim-runsdorf-volunteer-search.blogspot.com/
2. K. Dewi, 2013, Artificial Intelligence...

Load disqus comments

0 komentar