Senin, 26 Februari 2018

15+ Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar yaitu bagian yang tidak boleh dilewatkan dalam menyusun sebuah karya ilmiah seperti skripsi, karya tulis, laporan, dan sebagainya. Kata pengantar yaitu komponen paling pertama yang berisikan kesimpulan singkat akan sebuah kesibukan dalam bentuk laporan,sebab tanpa kata pengantar sebuah laporan nilainya akan terasa kurang total. Maka penyusun kata pengantar sebaiknya melaksanakannya dengan baik supaya pembaca memberikan kesan yang bagus kepada karya yang diwujudkan olehnya. Tidak banyak sebagian orang merasa kesulitan dalam menuliskan sebuah kata pengantar yang bagus.
Baca : Contoh Surat Kuasa

Kata pengantar sendiri berdasarkan kamus bahasa Indonesia merupakan pandangan atau paparan awam yang ditulis secara singkat, padat dan jelas yang diaplikasikan sebagai pendahuluan isi sebuah artikel. Kalimat yang digunakan dalam penulisan kata pengantar wajib gampang dimengerti, terang, dan tidak bertele-tele. Kata pengantar biasanya ditulus cukup satu halaman atau paling banyak dua halaman saja sebab faktor-faktor yang disebutkan diatas, karenanya penulis sebaiknya membikin isi dari kata pengantar semenarik mungkin supaya pembaca berminat untuk membaca karya tulisan berikutnya. Dalam isi kata pengantar berupa rasa syukur dan terima beri atas semua pihak yang telibat karena sudah membantuk memecahkan karya tulis yang diwujudkan.

Contoh Kata Pengantar

Kata pengantar umumnya diisi dengan ucapakan terhadap Allah SWT dan ucapab terima kasih sebesar-besarnya terhadap berjenis-jenis pihak yang telah membantu serta harapan dari penulis untuk karya yang diciptakan kedepannya. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar :

Kata pengantar umumnya di awala dengan kalian pujian kepada sang pencipta yakni Ilahi Yang Ilahi Esa sebagai ungkapan rasa syukur telah memberikan kesempatan membuat karya yang baik.
Mengucapakan terima beri kepada pelbagai pihak yang sudah terlibat untuk membantu dalam progres pembuatan karya tulis Seperti dukungan teman, keluarga, atau pihak lain yang mempunyai peran dalam pelaksanaan pembuatan karya tulis.
Memberikan ilustrasi tentang karya tulis yang dibuat secara singkat dan jangan lupa untuk mencantumkan tujuan dari karya tulis yang diciptakan,
Kata pengantar juga berisikan kemauan dari penulis terhadap karya yang telah di hasilkan, seperti harapan penulis dari karyanya tersebut bisa berguna bagi pembacanya.
Terakhir adalah permintaan maaf dari berbagai pihak jika masih mempunyai banyak kekurangan dan kekeliruan dalam karya yang diwujudkan, maka penulis seharusnya mencantumkan untuk memberikan kritik serta rekomendasi dari pembaca.

Itulah langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar yang baik, berikutnya kami akan berikan Contoh Kata Pengantar Yang Model :


Contoh Kata Pengantar


KATA PENGANTAR

            Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya lah penulis dapat menyelesaikan Karya Ilmiah yang berjudul Pengaruh Serbuk Sekam dan Serbuk Gergaji Terhadap Produktivitas Bawang Merah”.

            Adapun maksud dan tujuan dari penulisan karya tulis ini, untuk memenuhi upaya penulis dalam mengembangkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang penulis pelajari.

Pada kesempatan ini, tak lupa penulis sampaikan terimakasih kepada:

  1. Bapak Drs. Putu Prapta Arya, selaku Kepala SMA Negeri 1 Negara, yang telah memberikan dukungan secara penuh terhadap siswa-siswi dalam rangka pengembangan metode pembelajaran yang ilmiah.

  2. Bapak I Wayan Sudirta, S.Pd dan Bapak Putu Sugara Nalarreason, S.Pd, selaku guru pembimbing yang telah memberikan masukan dan bimbingan dalam penyusunan karya ilmiah ini.

  3. Orang Tua penulis yang telah memberikan dorongan serta motivasi dalam penyelesaian karya ilmiah ini.

  4. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Negeri yang telah mendukung terselesaikannya karya ilmiah ini.


Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan menuju kesempurnaan karya tulis ini. Akhir kata, penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Negara, 06 Januari 2013

Penulis



 
Load disqus comments

0 komentar