Selasa, 27 Februari 2018

Kumpulan Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar adalah komponen yang tak boleh dilewatkan dalam menyusun sebuah karya ilmiah seperti skripsi, karya tulis, laporan, dan sebagainya. Kata pengantar merupakan komponen paling pertama yang berisikan kesimpulan singkat akan sebuah kegiatan dalam bentuk laporan,sebab tanpa kata pengantar sebuah laporan nilainya akan terasa kurang sempurna. Karenanya penyusun kata pengantar sebaiknya menjalankannya dengan baik supaya pembaca memberikan kesan yang bagus kepada karya yang dijadikan olehnya. Tak banyak beberapa orang merasa kesulitan dalam menuliskan sebuah kata pengantar yang bagus.
Baca : Contoh Surat Kuasa

Kata pengantar sendiri berdasarkan kamus bahasa Indonesia ialah pandangan atau paparan biasa yang ditulis secara singkat, padat dan terang yang diterapkan sebagai pendahuluan isi sebuah tulisan. Kalimat yang digunakan dalam penulisan kata pengantar wajib gampang dimengerti, jelas, dan tidak bertele-tele. Kata pengantar biasanya ditulus cukup satu halaman atau paling banyak dua halaman saja karena unsur-elemen yang diceritakan diatas, karenanya penulis sebaiknya membuat isi dari kata pengantar semenarik mungkin supaya pembaca berminat untuk membaca karya tulisan berikutnya. Dalam isi kata pengantar berupa rasa syukur dan terima kasih atas semua pihak yang telibat karena telah membantuk menuntaskan karya tulis yang dijadikan.

Contoh Kata Pengantar

Kata pengantar biasanya diisi dengan ucapakan terhadap Allah SWT dan ucapab terima kasih sebesar-besarnya terhadap bermacam pihak yang telah menolong serta harapan dari penulis untuk karya yang dijadikan kedepannya. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar :

Kata pengantar umumnya di awala dengan kalian kebanggaan kepada sang pencipta adalah Maha Kuasa Tuhan Esa sebagai ungkapan rasa syukur telah memberikan peluang membikin karya yang baik.
Mengucapakan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah terlibat untuk menolong dalam progres pembuatan karya tulis Seperti dukungan sahabat, keluarga, atau pihak lain yang mempunyai peran dalam pengerjaan pembuatan karya tulis.
Memberikan gambaran tentang karya tulis yang dibuat secara singkat dan jangan lupa untuk mencantumkan tujuan dari karya tulis yang dibuat,
Kata pengantar juga berisikan harapan dari penulis terhadap karya yang telah di hasilkan, seperti keinginan penulis dari karyanya hal yang demikian bisa berkhasiat bagi pembacanya.
Terakhir yaitu permintaan maaf dari bermacam pihak sekiranya masih memiliki banyak kekurangan dan kekeliruan dalam karya yang dibuat, maka penulis sepatutnya mencantumkan untuk memberikan kritik serta anjuran dari pembaca.

Itulah langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar yang baik, selanjutnya kami akan berikan Model Kata Pengantar Tuhan Model :


Contoh Kata Pengantar


KATA PENGANTAR

Pertama-tama kami mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberkati kami sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih bagi seluruh pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan karya tulis ini dan berbagai sumber yang telah kami pakai sebagai data dan fakta pada karya tulis ini.

Kami mengakui bahwa kami adalah manusia yang mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal. Oleh karena itu tidak ada hal yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. Begitu pula dengan karya tulis ini yang telah kami selesaikan. Tidak semua hal dapat kami deskripsikan dengan sempurna dalam karya tulis ini. Kami melakukannya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang kami miliki.

Maka dari itu, kami bersedia menerima kritik dan saran dari pembaca yang budiman. Kami akan menerima semua kritik dan saran tersebut sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki karya tulis kami di masa datang.

Dengan menyelesaikan karya tulis ini kami mengharapkan banyak manfaat yang dapat dipetik dan diambil dari karya ini. Semoga dengan adanya karya tulis ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan boraks dan formalin sebagai pengawet pada makanan. Dengan begitu maka kesehatan akan lebih terjamin dan tidak ada lagi muncul berbagai penyakit baru yang diakibatkan penggunaan bahan-bahan terlarang sebagai bahan baku makanan. Kami juga mengharapkan kinerja yang lebih baik dan tegas serta efektif dari pihak pengawas makanan yang merupakan bagian dari kepemerintahan, sehingga makanan yang dihasilkan dari Indonesia dapat lebih terjamin dan sehat



Jembrana,  Februari 2013

Penulis



Load disqus comments

0 komentar