Selasa, 27 Februari 2018

15+ Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Kata pengantar yakni bagian yang tak boleh dilewatkan dalam membentuk sebuah karya ilmiah seperti skripsi, karya tulis, laporan, dan sebagainya. Kata pengantar yaitu komponen paling pertama yang berisikan inti sari singkat akan sebuah kegiatan dalam wujud laporan,karena tanpa kata pengantar sebuah laporan nilainya akan terasa kurang total. Maka penyusun kata pengantar sebaiknya menjalankannya dengan baik agar pembaca memberikan kesan yang baik kepada karya yang dijadikan olehnya. Tidak banyak beberapa orang merasa kesusahan dalam menuliskan sebuah kata pengantar yang bagus.
Baca : Contoh Surat Kuasa

Kata pengantar sendiri menurut kamus bahasa Indonesia ialah pandangan atau paparan lazim yang ditulis secara singkat, padat dan jelas yang digunakan sebagai pendahuluan isi sebuah artikel. Kalimat yang diterapkan dalam penulisan kata pengantar mesti mudah dimengerti, terang, dan tak bertele-tele. Kata pengantar biasanya ditulus cukup satu halaman atau paling banyak dua halaman saja sebab faktor-unsur yang diceritakan diatas, karenanya penulis sebaiknya membuat isi dari kata pengantar semenarik mungkin supaya pembaca berminat untuk membaca karya tulisan berikutnya. Dalam isi kata pengantar berupa rasa syukur dan terima kasih atas segala pihak yang telibat karena telah membantuk menyelesaikan karya tulis yang diwujudkan.

Contoh Kata Pengantar

Kata pengantar lazimnya diisi dengan ucapakan kepada Allah SWT dan ucapab terima beri sebesar-besarnya terhadap beragam pihak yang telah menolong serta harapan dari penulis untuk karya yang diwujudkan kedepannya. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar :

Kata pengantar lazimnya di awala dengan kalian kebanggaan kepada sang pencipta yaitu Yang Ilahi Tuhan Esa sebagai ungkapan rasa syukur sudah memberikan kesempatan membuat karya yang baik.
Mengucapakan terima beri terhadap pelbagai pihak yang telah terlibat untuk menolong dalam pelaksanaan pembuatan karya tulis Seperti dukungan sahabat, keluarga, atau pihak lain yang mempunyai peran dalam progres pembuatan karya tulis.
Memberikan gambaran tentang karya tulis yang dijadikan secara singkat dan jangan lupa untuk mencantumkan tujuan dari karya tulis yang dihasilkan,
Kata pengantar juga berisikan keinginan dari penulis kepada karya yang sudah di hasilkan, seperti kemauan penulis dari karyanya tersebut bisa berguna bagi pembacanya.
Terakhir adalah permintaan maaf dari berjenis-jenis pihak kalau masih memiliki banyak kekurangan dan kesalahan dalam karya yang diwujudkan, karenanya penulis sepatutnya mencantumkan untuk memberikan kritik serta saran dari pembaca.

Itulah langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar yang bagus, selanjutnya kami akan berikan Contoh Kata Pengantar Kuasa Model :


Contoh Kata Pengantar


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya karya tulis ilmiah yang berjudul ”Menggagas Ragi (Yeast) Sebagai Alternatif Alat Kontrasepsi (Kajian Teoritis Tentang Pemanfaatan Ragi Sebagai Alat Kontrasepsi Untuk Menekan Pertumbuhan Penduduk di Indonesia)” dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Karya ilmiah remaja ini disusun untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Tahun 2016. Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini, penulis mendapat banyak bantuan, masukan, bimbingan, dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang tulus kepada:

  1. I Wayan Sudiarta, S. Pd, M. Pd., selaku kepala SMA Negeri 2 Negara yang telah membimbing dan memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun karya tulis ilmiah ini.

  2. I Gede Eri Sastrawan, S. Pd., selaku guru pembimbing karya tulis ilmiah ini yang telah memberikan banyak bantuan, masukan, dan dukungan terkait penyusunan karya tulis ilmiah ini.

  3. Bapak/Ibu Dewan Guru dan Staf Tata Usaha yang telah memberikan banyak informasi terkait konsep telajakan sekolah yang penulis angkat dalam lomba karya tulis ilmiah ini.

  4. Siswa-siswi dan seluruh warga SMA Negeri 2 Negara yang telah mendukung penyusunan karya tulis ilmiah ini sehingga dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih jauh dari sempurna dan perlu pendalaman lebih lanjut. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat konstruktif demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini. Penulis berharap semoga gagasan pada karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan dan pendidikan pada khususnya dan pembaca pada umumnya.



Jembrana, 8 Juni 2013

Penulis



Load disqus comments

0 komentar