Selasa, 27 Februari 2018

10+ Kumpulan Kata Pengantar Skripsi

Kata pengantar merupakan bagian yang tak boleh dilewatkan dalam membentuk sebuah karya ilmiah seperti skripsi, karya tulis, laporan, dan sebagainya. Kata pengantar yakni bagian paling pertama yang berisikan inti sari singkat akan sebuah kesibukan dalam bentuk laporan,sebab tanpa kata pengantar sebuah laporan nilainya akan terasa kurang sempurna. Maka penyusun kata pengantar sebaiknya mengerjakannya dengan baik agar pembaca memberikan kesan yang baik terhadap karya yang dihasilkan olehnya. Tidak banyak sebagian orang merasa kesulitan dalam menuliskan sebuah kata pengantar yang bagus.
Baca : Contoh Surat Kuasa

Kata pengantar sendiri berdasarkan kamus bahasa Indonesia ialah pandangan atau paparan biasa yang ditulis secara singkat, padat dan terang yang digunakan sebagai pendahuluan isi sebuah tulisan. Kalimat yang diterapkan dalam penulisan kata pengantar patut gampang dimengerti, terang, dan tak bertele-tele. Kata pengantar umumnya ditulus cukup satu halaman atau paling banyak dua halaman saja sebab faktor-unsur yang disebutkan diatas, karenanya penulis sebaiknya membuat isi dari kata pengantar semenarik mungkin supaya pembaca beratensi untuk membaca karya artikel berikutnya. Dalam isi kata pengantar berupa rasa syukur dan terima beri atas segala pihak yang telibat karena telah membantuk menuntaskan karya tulis yang dibuat.

Contoh Kata Pengantar

Kata pengantar umumnya diisi dengan ucapakan kepada Allah SWT dan ucapab terima kasih sebesar-besarnya kepada pelbagai pihak yang telah menolong serta keinginan dari penulis untuk karya yang diciptakan kedepannya. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar :

Kata pengantar umumnya di awala dengan kalian pujian terhadap sang pencipta ialah Yang Ilahi Tuhan Esa sebagai ungkapan rasa syukur sudah memberikan kans membuat karya yang baik.
Mengucapakan terima beri kepada beraneka pihak yang telah terlibat untuk menolong dalam pelaksanaan pembuatan karya tulis Seperti dukungan sahabat, keluarga, atau pihak lain yang memiliki peran dalam cara kerja pembuatan karya tulis.
Memberikan ilustrasi seputar karya tulis yang dibuat secara singkat dan jangan lupa untuk mencantumkan tujuan dari karya tulis yang dijadikan,
Kata pengantar juga berisikan kemauan dari penulis kepada karya yang telah di hasilkan, seperti kemauan penulis dari karyanya tersebut bisa bermanfaat bagi pembacanya.
Terakhir merupakan permintaan maaf dari berjenis-jenis pihak jikalau masih mempunyai banyak kekurangan dan kekeliruan dalam karya yang dihasilkan, karenanya penulis wajib mencantumkan untuk memberikan kritik serta anjuran dari pembaca.

Itulah langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar yang bagus, berikutnya kami akan berikan Teladan Kata Pengantar Tuhan Model :


Contoh Kata Pengantar


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya karya tulis ilmiah yang berjudul ”Menggagas Ragi (Yeast) Sebagai Alternatif Alat Kontrasepsi (Kajian Teoritis Tentang Pemanfaatan Ragi Sebagai Alat Kontrasepsi Untuk Menekan Pertumbuhan Penduduk di Indonesia)” dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Karya ilmiah remaja ini disusun untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Tahun 2016. Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini, penulis mendapat banyak bantuan, masukan, bimbingan, dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang tulus kepada:

  1. I Wayan Sudiarta, S. Pd, M. Pd., selaku kepala SMA Negeri 2 Negara yang telah membimbing dan memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun karya tulis ilmiah ini.

  2. I Gede Eri Sastrawan, S. Pd., selaku guru pembimbing karya tulis ilmiah ini yang telah memberikan banyak bantuan, masukan, dan dukungan terkait penyusunan karya tulis ilmiah ini.

  3. Bapak/Ibu Dewan Guru dan Staf Tata Usaha yang telah memberikan banyak informasi terkait konsep telajakan sekolah yang penulis angkat dalam lomba karya tulis ilmiah ini.

  4. Siswa-siswi dan seluruh warga SMA Negeri 2 Negara yang telah mendukung penyusunan karya tulis ilmiah ini sehingga dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih jauh dari sempurna dan perlu pendalaman lebih lanjut. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat konstruktif demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini. Penulis berharap semoga gagasan pada karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan dan pendidikan pada khususnya dan pembaca pada umumnya.



Jembrana, 8 Juni 2013

Penulis



Load disqus comments

2 komentar